Kang Nasrudin
Kang Nasrudin Alumni PP. Miftahul Falah, Sumber Sari. Lanjut ke PP Darussalam Blokagung, Banyuwangi. Pernah mengikuti program Pesantren Pasca Tahfidz Bayt Alquran, Tangerang, Pusat Studi Alquran, salah satu santri angkatan ke 8.

Resensi Buku: Shalatlah Seperti Rasulullah, Dalil Kesahihan Shalat ala Aswaja

Tidak ada komentar

"KH. Muhyidin Abdusshomad, menghadirkan buku Shalatlah Seperti Rasulullah untuk menjawab tuduhan bid'ah atas cara shalat nahdliyin. Berikut ulasannya

Daftar Isi [Tampil]

 Di tengah masyarakat masih ada saja sebagian kelompok yang berlebihan membahas tata cara shalat dari segi dalil dan kesahihan. Bahkan karena begitu semangat untuk melakukan shalat secara persis seperti yang diajarkan Rasulullah, mereka ini sampai menganggap bahkan memvonis tata cara shalat yang tidak sama dengan yang dipelajarinya adalah salah, bid’ah, hingga tidak sah.


Sudah bukan rahasia lagi bahwa segala amaliyah kalangan nahdliyin selalu menjadi sasaran tuduhan berbagai vonis. Dari sekedar tidak sesuai dengan hadis, bid’ah, hingga syirik. Tak ketinggalan tata cara shalatnya pun dipertanyakan, dikaji lagi, dan harus dibenahi karena dianggap tidak sesuai dengan tata cara yang dilakukan Rasulullah SAW.

Adalah KH. Muhyidin Abdusshomad, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam (NURIS) Antirogo Sumbersari, Jember, Jawa Timur yang menghadirkan buku untuk menjawab kegelisahan kalangan nahdliyin yang ibadahnya terus menerus dikritisi tanpa ampun. Kyai yang mengabdi di NU sejak 1983 ini menuliskan dalam bagian pengantar bahwa hadirnya buku ini bukan sebagai serangan balik terhadap kelompok yang menyalahkan dan membid’ahkan tata cara shalat nahdliyin. Namun lebih bersifat klarifikasi terhadap tudingan-tudingan yang dialamatkan ke kalangan nahdliyin tersebut. 

Biografi singkat KH. Muhyidin Abdusshomad

Menurut Penasehat Aswaja NU Center Jawa Timur ini, harapan dari hadirnya buku Shalatlah Seperti Rasulullah adalah agar kaum nahdliyin bisa meyakini keabsahan sekaligus melestarikan tata cara shalat yang telah lama dilakukan da ndiajarkan para ulama pesantren. Sebaliknya, bagi kalangan yang punya pandangan berbeda supaya bisa memahami bahwa amaliyah tersebut memiliki dalil yang bisa dipertanggung jawabkan, sehingga lahirlah sikap saling menghargai atas sesama muslim (hal. vi).

Uraian Tentang Shalat Dari A – Z

Paket Komplit. Itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kandungan dari buku Shalatlah Seperti Rasulullah ini. Tidak hanya semata membahas shalat dari takbir hingga salam, namun hal-hal yang berkaitan pun turut diuraikan lengkap dengan dalil dari hadis-hadis.

Di bagian Mukaddimah pembaca diajak untuk kembali menyegarkan semangat beribadah dengan menjelaskan keutaman shalat dan merengkuh makna shalat.

Di Bab kedua, penulis membahas segala persiapan shalat, baik dari segi bersuci (mandi, tayammum, wudhu, menghilangkan najis) hingga tata cara berangkat ke masjid maupun adzan dan iqomah.

Sebagian daftar isi buku

Pembahasan tata cara shalat disertai dalil-dalilnya diungkap tuntas di bab ketiga. Benar-benar setiap bagian shalat disertakan hadis dan penjelasannya dengan gamblang. Tak ketinggalan masalah qunut shubuh yang sudah sejak dulu masih saja dibid’ahkan.

Di bab keempat, buku ini meyajikan dalil-dalil amaliyah setelah shalat. Baik tentang dzikir secara berjamaah dengan suara keras, berdoa, maupun salaman. Sebuah hal yang lumrah bahkan bisa menjadi ciri sebuah masjid masih ditempat oleh kalangan nahdiliyin atau tidak.

Selanjutnya di bab kelima, diuraikan berbagai dalil amaliyah dalam shalat berjamaah, maupun aturan secara fiqh. 

Segala hal yang membatalkan shalat dijelaskan beserta dalilnya dalam bab VI. Di bagian ini pula diuraiakan berbagai hal yang makruh dilakukan saat shalat. Total ada 16 hal yang tergolong dalam makruhat ash-shalat.

Uraian seputar shalat sunah dihadirkan dalam bab VII, menjadikan uraian pamungkas dari buku ini. Selain dalil shalat, juga dicantumkan doa-doa yang dibaca, yang juga diambil dari hadis nabi.

Wajib Dimiliki Oleh Nahdliyin

Berdasarkan muatan yang dikandung, maka buku ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki oleh kalangan nahdliyin. Bahkan bisa dikatakan wajib, karena merupakan bagian dari mempelajari kewajiban shalat itu sendiri. Dengan lengkapnya dalil dan uraian yang memahamkan dalam buku tersebut, besar kemungkinan harapan penulisnya agar nahdliyin meyakin keabsahan shalatnya bisa tercapai.

Identitas Buku

Judul Buku   : Shalatlah Seperti Rasulullah, Dalil Keshahihan Shalat ala Aswaja
Penulis      : KH. Muhyidin Abdushshomad
Penerbit	: Khalista Surabaya
Tanggal Terbit	: Cetakan I, 1 Mei 2011
ISBN		: 978-979-1353-28-1
Tebal		: 202 hlm
Dimensi Buku	: 14,5 x 21 cm
Harga Buku	: + Rp40.000
Link Toko	: https://s.id/shalatnu

Kang Nasrudin
Kang Nasrudin Alumni PP. Miftahul Falah, Sumber Sari. Lanjut ke PP Darussalam Blokagung, Banyuwangi. Pernah mengikuti program Pesantren Pasca Tahfidz Bayt Alquran, Tangerang, Pusat Studi Alquran, salah satu santri angkatan ke 8.

Komentar