Flip, Solusi Cara Transfer Antar Bank Tanpa Biaya

Kang Nasrudin

Flip, Solusi Cara Transfer Antar Bank Tanpa Biaya




Dalam bisnis online, khususnya pemasaran jasa dan barang, kita sering dihadapkan masalah yang kelihatan ringan namun dipikir-pikir besar juga. Yaitu soal transfer antar bank. Pertanyaan yang sering muncul adalah, “Ada nggak ya, cara transfer antar bank tanpa biaya?”


Sebagai seorang pebisnis online, memiliki rekening di berbagai bank memang salah satu keharusan. Namun hal ini juga merepotkan. Alangkah mudahnya kalau kita cukup punya satu rekening saja, tetapi bisa menerima dan mentransfer uang ke bank manapun tanpa kena biaya transfer.

Tahu sendiri kan, biaya transfer antar bank berkisar antara Rp4.000 hingga Rp6.000 atau lebih? Ketika Anda menerima pembayaran dari pelanggan ataupun klien beda bank, dia yang ketambahan beban. Sementara ketika Anda mengirim pembayaran barang pesanan ataupun lainnya, Anda lah yang kena beban tambahan.


Nah, kabar baiknya, ada layanan dari Flip yang memungkinkan kita transfer antar bank tanpa biaya. Beneran? Serius? Iya benar dan serius, seribu rius malahan. Silakan cek halaman Flip.id agar lebih percaya.


Keuntungan Menggunakan Layanan Flip Untuk Transfer Antar Bank


Sudah lihat halaman resminya? Nah, balik lagi tentang layanan Flip. Ada beberapa keuntungan besar yang sangat membantu kelancaran bisnis online Anda jika menggunakan layanan ini. Berikut di antaranya.

  • Pasti Aman


Layanan aplikasi Flip sudah terdaftar resmi di Bank Indonesia sebagai salah satu Penyelenggara dan Pendukung Jasa Sistem Pembayaran. Izin resminya bernomor 18/196/DKSP/68, Tanggal 4 Oktober 2016. Dengan demikian Anda tak perlu was-was untuk bertransaksi.


Alasan lain bertransaksi dengan Flip pasti aman adalah karena melalui rekening bank resmi. PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi sebagai penyelenggara layanan ini memiliki rekening di berbagai bank yang bekerja sama. Jadi, transaksi antar bank ini pasti sampai ke tujuan.

  • Tanpa Biaya

Layanan Flip benar-benar tanpa biaya. Terutama bagi Anda yang transaksi per bulannya masih di bawah 100 transaksi, dan per harinya masih di bawah nilai Rp5 juta. Bandingkan dengan apabila Anda transfer ke rekening bank yang berlainan, dalam sehari ada 10 kali, dan setiap transaksi ada biaya Rp4.000 saja. Sudah Rp40.000 hanya untuk “ongkos jalan” si uang. Dengan aplikasi ini, Anda akan lebih berhemat. Untuk bisnis UMKM, ini sangat cocok.

  • Ada Saldo atau Deposit yang Dikembalikan

Meskipun tanpa biaya, layanan Flip tetap meminta nominal unik sebagai kode verifikasi transaksi yang Anda lakukan. Besarnya hanya antara Rp1 hingga Rp1000 saja. Nah, uniknya, nominal unik tersebut nantinya akan dikembalikan ke akun kita berupa saldo. Setelah mengendap hingga Rp10.000, saldo ini bisa ditransfer ke rekening. Wow!

  • Lintas Bank Besar

Di kalangan pebisnis maupun konsumen online, biasanya menggunakan layanan dari bank-bank besar. Misalnya BCA, BNI, dan Mandiri. Sedangkan Bank BRI biasanya di kalangan pedagang kecil. Nah, hebatnya, layanan dari Flip ini telah mengakomodir transfer antar bank-bank besar tersebut. Saat ini bank yang sudah masuk dalam jangakauan Flip adalah BCA, BNI dan BNI Syariah, Mandiri dan Mandiri Syariah, CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah, Muamalat, dan tentu saja BRI. Namun ke depannya, layanan akan diperluas sesuai permintaan pengguna.

  • Sudah Ada Aplikasinya

Layanan transfer antar bank gratis dari Flip kini semakin mudah dengan adanya aplikasi Flip. Untuk sementara masih tersedia aplikasi Flip untuk Android. Namun ke depannya akan dikembangkan untuk pengguna iOS.

Kekurangan dari Flip

Dari sekian banyak keunggulan layanan Flip, kelemahan atau kekurangannya hanya pada antrian saja. Namanya layanan gratis, semua pasti suka. Nah, antrian Flip ini paling sering padat pada jam-jam pagi hingga siang hari. Antrian terjadi ketika setelah transfer harus menunggu proses verifikasi. Jumlahnya bisa mencapai ratusan transaksi. Tapi tenang saja, tidak sampai sehari kok. Itu pun Anda bisa tutup halaman dan mengerjakan tugas lain. Sedangkan proses masih akan terus berjalan. Nantinya Anda tinggal melihat catatan transaksi saja.

Keunikan Flip dari PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi


Ada hal unik dan menyenangkan dari layanan ini selain dari yang telah saya ungkap di bagian keunggulan. Rasa kedekatan dan keakraban. Ya, dalam berbagai layanan dan percakapan, Flip memanggil pengguna dengan panggilan Kakak. Bahkan ketika live chat pun, custumer service-nya akan memanggil dengan Kak. Hem, terasa ada manis-manisnya gitu.

Satu hal lagi yang unik, Flip juga mengingatkan orang untuk shalat lima waktu lho. Hahaha. Benar ini pengalaman pribadi. Waktu itu saya transaksi sekitar jam 12 siang. Nah ketika proses verifikasi, tulisan di bagian atas halaman verifikasi kurang lebih “Proses verifikasi akan dilanjutkan setelah Shalat Dzuhur”. Unik kan?

Cara Bergabung dengan Flip, Layanan Transfer Antar Bank Tanpa Biaya


Setelah panjang lebar mengulas keunggulan, kekurangan, hingga keunikan Flip, mungkin Anda sudah penasaran bagaimana caranya gabung dan cara menggunakan Flip. Oke, akan diulas segera.

Cara Bergabung atau Daftar Flip


Langsung saja, cara bergabung dengan Flip dimulai dengan mengakses halaman https://flip.id/. Selanjutnya klik “Daftar”. Ada dua pilihan, daftar dengan akun Facebook atau dengan email. Silakan pilih opsi yang Anda suka. Kalau memilih email, isilah kolom-kolom yang tersedia. Catat user name dan sandi Anda.

Setelah itu Anda akan diminta melakukan verifikasi akun Flip. Ada 3 tahapan verifikasi yang harus dilalui sebelum dapat melakukan transaksi.

  • Verifikasi Nomor Hp


Pertama isikan data diri dan tempat tinggal. Klik Simpan dan Lanjut. Lalu ada kolom meminta nomor Hp. 

Isikan nomor yang Anda pakai. Flip akan mengirimkan kode verifikasi yang harus Anda isikan ke kolom yang tersedia. Klik Verifikasi.

  • Verifikasi Data Diri



Lalu Anda akan dihadapakan halaman dengan kolom-kolom isian data. Isi dengan data diri sesuai KTP. Setelah lengkap klik “Verifikasi Identitas Saya”


  • Verifikasi Kartu Identitas


Yang paling akhir adalah verifikasi data diri dengan KTP. Ada dua opsi; secara online dan tatap muka langsung. Untuk verifikasi secara online siapkan foto kartu identitas, foto wajah, foto selfie dengan memegang kertu identitas. Ketiga gambar ini harus diambil di waktu yang sama, artinya berurutan. Kalau di lain waktu, maka otomatis tertolak. Setelah itu Anda harus menunggu sampai 24 jam hingga verifikasi oleh sistem dinyatakan berhasil.



Pilihan yang kedua dan paling cepat adalah verifikasi dengan tatap muka langsung. Caranya mudah sekali. Datang saja ke Alfamart non Franchise alias Alfamart Reguler. Anda perlu membawa KTP dan membayar biaya sebesar Rp4.000 ke kasir. Dalam beberapa kasus, petugas Alfamart ada yang masih belum tahu bahwa layanan ini bekerjasama dengan perusahaan tempat mereka bekerja. Nah, jelaskan saja bahwa Anda mendaftar di Flip, layanan transfer antar bank tanpa biaya, dan diminta datang ke Alfamart untuk verifikasi.


Petugas yang cerdas akan segera mencari tahu di internet soal ini. Nah, setelah itu Anda serahkan KTP untuk diverifikasi oleh petugas. Setelah selesai, maka akun Anda langsung aktif dan siap dipakai transaksi. 

Nah, kalau verifikasi di kasir, Anda masih dapat bonus tambahan lo. Apa? Senyum manis mbak-mbak di Alfamart. Ciyeee.


Cara Transfer Antar Bank Tanpa Biaya di Flip


Lanjut ke cara penggunaan Flip. Perlu Anda tahu, pada dasarnya Flip adalah layanan atau aplikasi untuk mentransfer uang. Bukan untuk menerima transferan uang. Namun semua itu bisa diakali dan tidak melanggar aturan. Nah, begini caranya.

  • Cara Transfer Uang ke Bank Lain



Pertama masuk ke akun di Flip. Lalu klik menu “Kirim Uang”. Anda akan diantar ke halaman transaksi. Di bagian REKENING YANG SAYA GUNAKAN pilih jenis rekening bank yang Anda miliki. Lalu di bagian REKENING TUJUAN, pilih rekening tujuan Anda. Isikan nomor rekening tujuan di kolom bawahnya.


Di bagian NOMINAL PENGIRIMAN isi dengan jumlah uang yang akan Anda transfer. Selesai, klik VERIFIKASI REKENING TUJUAN. Akan muncul halaman yang memastikan nomor tujuan Anda sudah tepat. Lihat nama dan nomor rekening tujuan. Sudah benar? Klik LANJUT KE PENGIRIMAN.


Selanjutnya perhatikan nominal unik yang diminta Flip. Klik LANJUT KE PENGIRIMAN lagi. 


Flip akan mengingatkan syarat dan ketentuan trasnfer. Klik KIRIM SEKARANG.

Di halaman selanjutnya, catat atau salin nomor rekening Flip yang akan dijadikan “jembatan” transfer. Rekening ini otomatis memilih rekening yang satu bank dengan milik Anda. Sehingga yang terjadi adalah transfer antar bank BCA, Mandiri, BNI, BRI, dan yang lainnya secara gratis.


Lakukan transfer ke rekening Flip, setelah itu klik SAYA SUDAH TRANSFER. Selesai, dan Anda tinggal menunggu antrian proses Verifikasi. Untuk memperkuat, unggahlah foto bukti transfer dengan menekan tombol “UNGGAH BUKTI TRANSFER”. Setelah Verifikasi berhasil, Anda akan mendapatkan pemberitahuan di email sekaligus gambar bukti transfer yang bisa Anda gunakan bukti ke klien atau orang yang Anda kirimi uang.


  • Cara Menerima Transfer dari Bank Lain

Sekarang misalnya Anda menjual barang, dan pembeli melakukan pembayaran namun dia menggunakan bank yang berbeda. Begini caranya.

Masuk ke akun di Flip lalu buat transaksi seperti tadi. Sampai di bagian REKENING YANG SAYA GUNAKAN pilihlah rekening yang digunakan pelanggan yang akan mentransfer uang. Misalnya dia dari Mandiri, BCA atau lainnya. Sedang di kolom REKENING TUJUAN pilihlah bank yang Anda gunakan. Masukkan juga nomor rekening bank Anda. Proses selanjutnya sama seperti cara pertama.

Sampai di bagian KIRIM SEKARANG salin nomor rekening Flip yang muncul, dan nominal yang harus ditransfer. Kirimkan tagihan tersebut ke pelanggan yang akan mentransfer uangnya. Mintalah keikhlasan dia untuk nominal unik yang akan digunakan verifikasi.

Kenapa harus diminta keikhlasannya? Karena nominal unik tersebut nantinya bisa dicairkan dan masuk rekening Anda setelah terkumpul dengan endapan dari transaksi lain. Mintalah juga ia untuk mengirim bukti transfer. Setelah pelanggan mentransfer pembayaran, klik SAYA SUDAH TRANSFER, dan proses selanjutnya sama. Selamat, Anda sudah membuat pelanggan merasakan kemudahan cara transfer antar bank tanpa biaya.

Bagaimana? Menarik bukan layanan dari Flip ini? Tulisan ini saya buat sebagai ulasan dan rasa terimakasih atas adanya layanan Flip. Dengan aplikasi ini, cara transfer antar bank tanpa biaya bisa terwujudkan dengan aman. Sudah pakai Flip? Ayo buruan, mumpung gratis.
Kang Nasrudin
Load comments