Ads

15+ Manfaat Memiliki Blog Untuk Bisnis, Pendidikan, dan Hal Lain yang Luar Biasa

Manfaat Memiliki Blog


Di era digital ini sudah banyak orang yang membuktikan manfaat memiliki blog untuk berbagai keperluan. Bahkan sudah banyak orang yang dapat menghidupi diri dan keluarga hanya dari blog. Tentu dengan level kerja yang lebih serius. Nah, kali ini penulis akan mengulas berbagai manfaat memiliki blog yang tentunya akan membuat Anda kian tertarik untuk ikut terjun ke dunia blogging. Berbagai sisi akan dibahas, baik itu manfaat memiliki blog dari segi bisnis, pendidikan, bahkan psikologis.

 5 Manfaat Memiliki Blog Dari Segi Pendidikan/Pembelajaran

Manfaat blog yang paling awal saya bahas adalah dari segi pendidikan. Ini terkait perkembangan gaya hidup anak didik di dunia pendidikan. Dengan mudahnya akses internet dari ponsel pintar, maka para pelajar dan mahasiswa harus diarahkan agar memperoleh sisi positif dari internet. Setidaknya ada 5 manfaat blog atau memiliki blog bagi pelajar maupun mahasiswa.
  1. Belajar Menulis dan Merangkum Pelajaran Untuk Mengisi Blog

manfaat memiliki blog
Sumber Gambar: Pixabay

Dulu pekerjaan merangkum adalah hal membosankan. Tapi cobalah pikirkan jika Anda memiliki blog yang isinya adalah rangkuman berbagai materi pelajaran di sekolah. Sambil belajar, sambil memahami pelajaran, Anda bisa mengumpulkan ringkasan-ringkasan pelajaran, kutipan-kutipan rumus, contoh-contoh soal, untuk meng-update blog. Jika tekun sambil belajar, maka dalam beberapa tahu ke depan, catatan Anda akan jadi sebuah rujukan bagi para pelajar lain. Adik-adik kelas Anda. Bukan hanya dari satu sekolah tapi dari berbagai penjuru daerah lain. Keren kan?

Back to Content

  1. Mengasah Bakat Kepenulisan

Memiliki blog juga bisa menjadi media untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan menulis. Entah itu menulis makalah, artikel, ataupun sekedar mencoretkan puisi dan cerpen. Kemampuan menulis itu kalau tidak disalurkan dalam bentuk yang menyenangkan akan bisa luntur lo. Karena itu sebaiknya Anda memiliki blog untuk menampung tulisan-tulisan Anda. Siapa tahu kelak ada penerbit yang tertarik dengan tulisan Anda, maka saat itulah Anda memperoleh keuntungan memiliki blog yang tak terduga.

Back to Content

  1. Bisa Menjadi Kumpulan Tugas yang Keren

manfaat memiliki blog
Sumber Gambar: Pixabay

Biasanya para guru memberi tugas membuat makalah. Pasti setornya pakai kertas, betul? Nah, di era teknologi informasi ini sudah seharusnya para guru melakukan inovasi dengan mengarahkan anak didiknya untuk memanfaatkan teknologi secara positif. Kumpul makalah tidak harus bahkan tidak usah pakai kertas. Langsung perintahkan untuk membuat blog, lalu makalah harus diposting di blog.
Pastikan aturan keras dalam hal postingan di blog ini. Konten harus lolos cek plagiasi untuk memperoleh nilai A ataupun A+. Siswa membuat makalah tak hanya asal copas, tapi harus kreatif merangkum dan menulis ulang dengan bahasa yang beda demi lolos cek plagiasi. Keren kan?

Back to Content

  1. Bisa Menjadi Portofolio yang Keren

Portofolio merupakan hal penting untuk menunjukkan hasil belajar sekaligus menyusun pengalaman. Tidak setiap lulusan sekolah bisa langsung dapat pekerjaan bukan? Dengan memiliki blog pribadi yang berisi tulisan-tulisan Anda, maka Anda sudah membangun aset pribadi berupa portofolio tulisan. Kelak pasti memerlukannya jika Anda melamar pekerjaan sebagai penulis, sebagai editor, ataupun yang lain yang ada kaitan dengan dunia penulisan.

Back to Content

  1. Motivasi Untuk Adu Kreatifitas Siswa

Manfaat blog selanjutnya bagi dunia pendidikan adalah memancing siswa agar mau adu kreatifitas. Para siswa akan termotivasi untuk memiliki blog lebih bagus dari teman-temannya. Bagi guru tinggal mengarahkan bagaimana standar blog yang bagus.

Zaman sekarang, blog yang bagus bukan lagi blog yang penuh hiasan pernak-pernik unik. Bukannya bagus tapi orang akan malas membukanya. Selain tampak norak, loading blog juga jadi berat. Nah, Anda para guru keren tinggal arahkan standar blog bagus ke arah yang benar. Misalnya blog yang tampilannya sederhana tapi menarik, dengan konten yang bagus, dan paling banyak mendapat kunjungan.

Back to Content

5 Manfaat Memiliki Blog Dari Sisi Bisnis

Masuk pada pembahasan manfaat blog untuk bisnis. Wah, ini sudah pasti sangat banyak manfaat memiliki blog untuk bisnis. Setidaknya 5 manfaat blog untuk bisnis berikut ini sudah mewakili yang lainnya. Apa saja itu?
  1. Media Promosi

manfaat memiliki blog
Sumber Gambar: Pixabay


Yap, blog bisa menjadi media promosi yang bagus. Ketika Anda menjual produk, lalu hanya mempromosikan lewat status Facebook, cuitan di Twitter, ataupun foto Instagram, bahkan story di WA, itu sifatnya sementara. Unggahan Anda kalaupun tidak terhapus, maka akan tenggelam dengan status lainnya. Apalagi kalau cuma via story WhatsApp, dalam 24 jam akan terhapus.

Lain halnya jika Anda buat artikel deskripsi produk lalu diunggah di blog. Maka postingan tersebut akan tersimpan dan mudah dicari walaupun sudah bertumpuk. Cukup pakai fitur “search” di blog, ataupun menggunakan “Daftar Isi”. Bahkan jika blog Anda sudah terindex Google, maka mencari artikel tentang produk Anda pun tinggal ketik di Google secara spesifik.

Back to Content

  1. Menjadi Toko Online

Manfaat blog selanjutnya adalah sebagai toko online. Ya, jika Anda sudah memasuki dunia bisnis jualan online, maka blog bisa jadi sebuah toko untuk memajang dagangan Anda. Jika banyak bisa jadi toko, jika produknya hanya tunggal, maka jadi landing page alias halaman penawaran. Semacam warung online begitu.

 Untuk membuat blog yang ditujukan sebagai toko online, maka Anda sebaiknya menggunakan tema-tema khusus yang sudah banyak beredar. Baik itu versi gratisan maupun berbayar. Kalau saya pribadi paling suka dengan template gratisan dari Sora Templates. Selain bagus-bagus, pengaturan tampilan tidak ribet karena bisa dari bagian Lay Out blogger saja, tanpa utak-atik kode HTML.

Back to Content

  1. Branding Produk Sendiri

manfaat memiliki blog
Sumber Gambar: Pixabay


Branding merupakan upaya untuk membangun dan membesarkan sebuah merek yang Anda miliki. Ini biasanya dilakukan oleh pebisnis yang sudah taraf membangun produk, bukan lagi menjadi reseller atau dropshipper. Manfaat memiliki blog untuk branding bisa diperoleh dengan membuat blog yang menggunakan domain berbayar, serta mencantumkan nama brand-nya. Misalnya saja situs dengan nama brand Domainesia, milik perusahaan penyedia domain murah dan hosting murah di Indonesia.

Apakah membuat blog untuk branding bisa mahal? Jawabanya, tergantung pilihan dan bujet yang Anda miliki. Jika ingin membuat website atau blog yang murah meriah, Anda cukup pakai blogspot sebagai platformnya, lalu sewa domain dari penyedia domain murah, lalu gunakan untuk blog Anda.

Jika sudah mulai menghasilkan, profit sudah mencukupi untuk peningkatan profesionalisme, maka Anda bisa beranjak setingkat lagi dengan menyewa hosting. Lagi-lagi, hosting murah pun bisa Anda dapatkan dari layanan hosting Indonesia oleh Domainesia. Tapi ingat, pengembangan brand bukanlah segalanya. Fokuskan saja pada pemasaran, sedangkan pengembangan brand sebagai identitas bisa dilakukan sambil lalu. Apalah artinya punya brand keren tapi profit penjualan habis untuk membayar sewa domain dan hosting? Muspro kata orang Jawa, artinya sia-sia.

Back to Content

  1. Menawarkan Beragam Jasa Sebagai Penghasilan Sampingan

manfaat memiliki blog
Sumber Gambar: Pixabay

Manfaat memiliki blog atau membuat blog untuk bisnis selanjutnya adalah pada potensi penghasilan sampingan. Ini bisa Anda peroleh ketika website atau blog Anda sudah memiliki rangking yang tinggi. Anda bisa menyediakan misalnya jasa backlink untuk website lain, yang tentu saja bukan penjual produk seperti Anda. Bukan kompetitor alias saingan.

Bahkan jika bentuk blog yang Anda buat tidak hanya berupa landing page, melainkan punya bagian blog artikel, maka Anda bisa mengembangkannya untuk mengikuti lomba blog. Salah satu contohnya adalah lomba blog domainesia yang saat ini sedang berjalan.

Back to Content

  1. Sebagai Galeri Testimoni Pelanggan/Feedback

Lihatlah toko-toko online di Bukalapak dan Tokopedia, maka Anda akan temukan fitur feedback dan komentar pelanggan. Nah, toko online Anda di luar marketplace pun seharusnya dimaksimalkan seperti itu juga. Anda bisa membuat halaman khusus yang menampilkan semua feedback atau testimoni yang pernah Anda dapatkan dari pelanggan. Dengan adanya halaman ini, maka calon customer baru akan semakin yakin bahwa produk Anda benar-benar layak untuk dibeli.

Back to Content

5 Manfaat Memiliki Blog yang Luar Biasa

Nah, sekarang saatnya membahas yang di luar urusan bisnis dan pendidikan. Hal yang luar biasa dapat Anda peroleh dari memiliki blog pribadi sekalipun. Hal-hal di luar dugaan ini tak perlu Anda kejar, namun cukup jalani saja dengan menekuni jadi blogger yang terus berusaha meningkatkan kualitas blognya.

Back to Content

  1. Membangun Relasi Dengan Berbagai Kalangan

manfaat memiliki blog
Sumber Gambar: Pixabay

Ketika Anda memiliki blog, mengembangkannya, berusaha mendatangkan pengunjung ke blog, maka Anda akan terbawa ke dalam pergaulan lintas kalangan, lintas batas. Bertemu via daring dengan kalangan komunitas blogger, baik blogger kelas newbie maupun kelas master. Semua itu akan membawa dampak positif terhadap pola pikir dan motivasi diri. Karena pada dasarnya para blogger adalah kalangan yang berusaha berbagi informasi, maka berkenalan dengan banyak blogger akan mendatangkan suasana baru dalam hidup Anda. Nggak percaya? Buktikan sendiri.

Back to Content

  1. Membuka Peluang Penghasilan dari Adsense dan Periklanan

Manfaat blog yang ini dari sisi finansial. Tahukah Anda bahwa ada sebagian orang yang bisa meraup ratusan hingga ribuan dollar hanya dari blog? Tentu bukan dari satu blog saja, melainkan all out, full bekerja sebagai blogger. Mengembangkan puluhan bahkan ratusan blog dan merekrut tenaga kerja sesama blogger maupun para penulis. Nah, semua itu diawali dari hal kecil dengan membuat blog pribadi dan blog bisnis.

manfaat memiliki blog
Sumber Gambar: Pixabay

Google Adsense sebagai platform periklanan dari Google memang menjadi nomor satu di kalangan blogger. Hal itu sejalan dengan mesin Google yang menjadi mesin pencari nomor satu dunia. Namun bukan hanya iklan Google saja, blogger pun punya potensi penghasilan dari pihak lain yang ingin mengiklankan produk maupun bisnisnya di blog yang sudah punya posisi bagus. Sekedar informasi, harga pasang iklan di sebuah website milik teman saya yang DA nya 37 dibanderol seharga 600 ribu untuk satu bulan. Itu hanya pasang baner dengan link ke website pengiklan lo. Seru kan?

Back to Content

  1. Memaksa Belajar Hal-hal Baru

Sudah bisa cara membuat blog, bahkan sudah punya blog, tapi terasa sepi seperti kuburan? Pasti ada yang kurang pas, kurang beres, dan harus dibenahi. Tapi bagaimana caranya? Nah, di situlah asyiknya memiliki blog, baik blog pribadi maupun blog bisnis. Kita dipaksa untuk belajar beragam hal yang semula kita tidak bisa.

Dalam mengembangkan blog, minimal Anda harus bisa menulis artikel untuk mengisinya. Kalaupun tidak bisa menulis artikel sebagus tulisan saya ini (ciyeee... sombong! :V ) ya minimal sebagus status Anda di beranda FB dan Twitter. Setelah bisa menuliskan pikiran dan ide secara runtut, mulai tingkatkan kemampuan dengan mempelajari bagaimana menulis artikel yang baik. Baik di mata pembaca, juga baik di mesin pencari.

Itu baru soal konten. Beranjak ke perbaikan tampilan blog. Google lebih senang tampilan yang simpel, pemuatan (loading) yang ringan, namun konten yang berbobot. Untuk memenuhi tuntutan ini tentu Anda harus belajar edit template sedikit-sedikit, belajar SEO konten, hingga belajar optimasi blog. Hem, menantang bukan?

Back to Content

  1. Bisa Diundang Dalam Acara Blogger yang Keren

Dengan membangun blog yang berbobot dan berkualitas, maka Anda bisa memiliki kesempatan tak terduga. Ada berbagai acara dari perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan kerja sama dengan para blogger keren seperti Anda. kembali ke soal perluasan jaringan pertemanan, menjadi blogger benar-benar akan menghadirkan pengalaman baru yang tak terduga.

Back to Content

  1. Bikin cepat Move On dari Mantan

Kok bisa? Benarkah salah satu manfaat memiliki blog adalah bisa cepat move on alias melupakan mantan? Hem, memang tidak otomatis, tapi harus berproses. Ini hanyalah manfaat tambahan, yang jika Anda belajar cara membuat blog hanya demi tujuan ini, malah tidak akan bisa melupakan mantan. Yang ada justru blog Anda hanya akan jadi tempat curahan hati yang dibaca orang sejagat. Malu, atau malu-maluin?

manfaat memiliki blog
Sumber gambar: Bukalapak

Jadi begini, ketika Anda membuat website entah berupa website bisnis maupun blog pribadi, mengisinya dengan berbagai konten menarik yang sedang dicari orang, mengoptimasinya agar bisa tampil di halaman pencarian, maka konsentrasi Anda akan tersalurkan ke sana. Banyak lo hal yang harus dikuasai agar blog bisa muncul di halaman Google ketika orang mencari informasi. Ada SEO on page, SEO off page, penulisan konten, pembangunan backlink, pembangunan blog pendukung. Wah, semua itu akan menguras tenaga dan pikiran Anda.

Dengan adanya penyaluran konsentrasi yang positif, maka perlahan tapi pasti Anda akan bisa melupakan mantan. Syaratnya ya itu tadi, jangan isi blog dengan puisi cengeng curhatan jiwa. Tapi fokuslah isi blog dengan artikel berisi informasi yang banyak dicari orang di mesin pencari. Lagi-lagi harus belajar SEO untuk ini.

Back to Content


Nah, itulah beragam manfaat memiliki blog atau membuat blog dari berbagai sisi. Anda bisa ambil sebagai motivasi dari sisi yang sesuai dengan keadaan Anda saat ini. Untuk belajar cara membuat website ataupun cara membuat blog, bahkan dari nol, sudah banyak panduannya. Bahkan gratis kok. Kuncinya hanya satu, “jangan malas”, titik! Oke, selamat belajar.


15+ Manfaat Memiliki Blog Untuk Bisnis, Pendidikan, dan Hal Lain yang Luar Biasa 15+ Manfaat Memiliki Blog Untuk Bisnis, Pendidikan, dan Hal Lain yang Luar Biasa Reviewed by Kang Nasrudin on November 02, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.