Cara Membuat Sayur Rebung yang Enak dan Tidak Pesing

Kang Nasrudin

Cara Membuat Sayur Rebung yang Enak dan Tidak Pesing

Selama saya nyantri di Blokagung, soal makanan yang paling saya ingat adalah tentang sayur rebung. Kenapa? Bukan karena lezatnya sayur rebung tapi karena baunya yang menyengat. Pesing! Betul. Selama bertahun-tahun belum pernah ketemu warung makanan yang menyajikan sayur rebung tanpa bau pesing itu. Lalu apa kaitannya dengan judul artikel cara membuat sayur rebung yang enak dan tidak pesing?

Tentu ada. Karena, saat ini penulis baru menemukan nikmatnya makan sayur rebung tanpa aroma pipis itu. Jujur, saya tidak pernah nikmat makan pas di pondok ketika yang tersedia adalah sayur rebung. Yang lebih nikmat lagi, ahli masak sayur rebung atau bung itu adalah istri sendiri. mantap!

Penyebab Sayur Rebung Bau Pesing

Mungkin pertanyaan semua orang hampir sama, yaitu kenapa sayur rebung bau pesing? Hingga saat ini, belum ada sumber valid yang penulis temukan mengungkap jawaban kenapa sayur rebung bau pesing. Apakah karena kandungan zat tertentu di dalamnya ataukah karena hal lain.

Akibat bau pesing yang dimiliki rebung ketika direbus, ada yang memasukkan rebung sebagai salah satu makanan paling bau di dunia. Yang termasuk golongan ini juga buah durian. Bahkan, jawaban yang saya temukan soal bau pesing ini malah cenderung mistis.

Kata sebagian orang, bau pesing dari rebung yang diolah adalah akibat dari rumpun bambu sering jadi tempat pipis genderuwo. Hahaha. Salah satu makhluk golongan hantu Indonesia ini konon katanya suka pipis sembarangan, salah satunya ya di rumpun bambu. Sehingga rebung selalu bau pesing. Benar atau tidak? Saya tidak tahu.

Cara Membuat Sayur Rebung yang Enak dan Tidak Pesing

Dalam artikel ini sebenarnya saya tidak akan membahas tentang resep membuat sayur rebung. Karena untuk urusan itu jelas bukan keahlian saya. Dan sudah banyak resep sayur rebung maupun varian kulinernya dibagikan di internet.

Baca juga artikel menarik ini:

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar sayur rebung tidak bau pesing. Salah satu cara ini terbukti manjur karena saya rasakan sendiri hasilnya setelah diterapkan oleh istri saya. Apa saja cara membuat sayur rebung enak dan tidak bau pipis?

Rebus, Rendam dan Ganti Airnya Berulang Kali

Cara membuat sayur rebung enak diawali dari pengolahan pra-masak. Yaitu dengan merebus rebung yang sudah dibersihkan dan dicacah. Meskipun Anda membeli rebung rebusan dari pasar, tetap lakukan perebusan ulang agar bau pesingnya hilang. Bagi yang menjual rebung rebusan, juga sebaiknya melakukan hal ini supaya pembeli tidak mencium bau pesing dari dagangan Anda.

Rebuslah irisan-irisan rebung saat malam hari. Setelah lunak, turunkan dan diamkan hingga airnya hangat-hangat kuku. Selanjutnya gantilah air rebusan dengan air bersih dan diamkan semalaman. Selama perendaman ini, Anda harus sering mengganti air rendaman dengan air bersih yang baru. Karena dengan penggantian air ini maka bau yang tajam dari rebung akan teratasi. Setelah itu, keesokan hari rebung rebus siap diolah sesuai selera Anda.

Rendam Dalam Air Garam

Pilihan lain membuat sayur rebung enak dan tidak pahit dan pesing adalah dengan merendamnya dalam air garam. Jadi bisa dipadukan dengan langkah di atas, yaitu setelah direbus, buang airnya, ganti dengan air bersih, dan campurkan garam.

Dikukus Saja

Cara membuat sayur rebung agar enak dan tidak pesing juga bisa dengan meminimalkan airnya. Alih-alih direbus, trik ini menyarankan agar Anda mengukus irisan rebung.

Direbus Dengan Air Kelapa

Cara lain agar sayur rebung tidak bau adalah dengan merebus irisan rebung dengan air kelapa. Menurut beberapa sumber, hal ini akan membuat rebung lebih lunak dan semakin memberi cita rasa.

Nah, sekarang sudah jelas kan, bagaimana cara membuat sayur rebung yang enak dan tidak bau pesing? Sekedar tambahan informasi, rebung ini punya banyak manfaat untuk kesehatan lo. Ayo bagikan artikel ini supaya makin banyak yang tahu rahasia sayur rebung enak.

Kang Nasrudin
Load comments